SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Nama Sekolah :
SMP HARAPAN BANGSA
Kelas : VII
Semester :
II
Materi :
Bangun Datar
TAHAPAN
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
PENDAHULUAN
|
Pengelolaan Kelas
1. Memberi
salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan melakukan absensi
2. Mengarahkan
siswa untuk membentuk tim – tim asal
3. Menempatkan
siswa dalam Tim Asal tetapi masih mengahdap kedepan
4. Memotivasi
siswa dalam mempelajarai materi bangun datar
Apersepsi
5.
Mengingatkan/menanyakan kepada siswa tentang pengertian dari materi
bangun datar
|
1. Membalas
salam dari guru dan berdoa bersama dilanjutkan dengan memberikan tanda hadir
kepada guru
2. Memperhatikan
penjelasan guru dalam pembentukan tim asal
3. Duduk
dalam tim asal tetapi masih menghadap
kedepan
4. Menyimak
penjelasan guru
5. Menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru
|
KEGIATAN
INTI
|
Presentasi Kelas
6. Menyampaikan
Kompetensi Dasar / Tujuan/ indikator yang akan dicapai
7. Menyampaikan
cara belajar dengan Teknik Jigsaw
8. Menyampaikan
pokok – pokok materi inti yaitu tentang materi bangun datar.
Belajar Kelompok 1 (Tim Asal)
9. Meminta
siswa untuk duduk sesuai dengan tim asal
10. Menjelaskan
aturan dalam belajar kelompok
Belajar Kelompok (Tim Ahli)
11. Menempatkan
siswa duduk sesuai tim ahli
12. Membagikan
LKS pada masing masing kelompok
13. Meminta
siswa untuk memulai mempelajari LKS
14. Berkeliling
kelas untuk membantu siswa dan memberikan bimbingan belajar sesuai dengan
pembelajaran kooperatif, serta mengingatkan siswa untuk saling membantu
temannya yang kurang memahami materi bangun ruang
15. Mengingatkan
siswa tentang waktu yang tersedia
16. Meminta
siswa untuk mengumpulkan LKS
Belajar Kelompok 2 (Tim Asal)
17. Meminta
siswa untuk kembali duduk di tim asal
18. Meminta
siswa untuk menjelaskan materi kepada temannya sesuai dengan materi yang
didapat di Tim ahli
Pemberian Kuis
19.
Memberikan kuis dari setiap materi yang
dipelajari di tim ahli
Penghargaan Tim
20.
Guru mengumumkan tim pemenang yang mendapat
nilai tertinggi dari pemberian kuis
|
6. Menyimak
penjelasan guru
7. Memperhatikan
penjelasan guru
8. Memperhatikan
penjelasan guru dan bertanya jika ad yang tidak dimengerti
9. Duduk
sesuai tim asal
10. Memperhatikan
penjelasan guru
11. Duduk
sesuai tim ahli
12. Menerima
LKS
13. Mulai
mempelajari LKS
14. Mengembangkan
keterampilan kooperatif sesuai dengan petunjuk guru serta saling membantu teman
yang kurang memahami materi bangun ruang
15. Memperhatikan
peringatan guru
16. Mengumpulkan
LKS
17. Duduk
kembali ke tim asal
18. Menjelaskan
materi kepada teman yang lain sesuai materi yang didaoat di tim asal
19. Menjawab
kuis yang diberikan oleh guru bersama tim asal
20. Memperhatikan
pengumuman guru mengenai tim pemenang
|
PENUTUP
|
21. Bersama
– sama dengan siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
22. Memberi
Tugas/PR yang harus dikerjakan oleh siswa dirumah
|
21. Ikut
bersam guru membuat rangkuman
22. Mencatat
PR/ tugas yang diberikan oleh guru
|
Denpasar,
19 Juni 2016
Mengetahui,
Kepala SMA HARAPAN BANGSA Guru
Kelas
Pradnya Lestari, S.Pd, M.Pd Made Rama Dwiguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar