Rabu, 04 Januari 2017

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA



SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Nama Sekolah : SMP HARAPAN BANGSA
Kelas               : VII
Semester          : II
Materi              : Bangun Datar
TAHAPAN
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
PENDAHULUAN
Pengelolaan Kelas
1.       Memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan melakukan absensi
2.       Mengarahkan siswa untuk membentuk tim – tim  asal
3.       Menempatkan siswa dalam Tim Asal tetapi masih mengahdap kedepan
4.       Memotivasi siswa dalam mempelajarai materi bangun datar
Apersepsi
5.       Mengingatkan/menanyakan  kepada siswa tentang pengertian dari materi bangun datar

1.       Membalas salam dari guru dan berdoa bersama dilanjutkan dengan memberikan tanda hadir kepada guru
2.       Memperhatikan penjelasan guru dalam pembentukan tim asal
3.       Duduk dalam tim asal  tetapi masih menghadap kedepan
4.       Menyimak penjelasan guru
5.       Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
KEGIATAN INTI
Presentasi Kelas
6.       Menyampaikan Kompetensi Dasar / Tujuan/ indikator yang akan dicapai
7.       Menyampaikan cara belajar dengan Teknik Jigsaw
8.       Menyampaikan pokok – pokok materi inti yaitu tentang materi bangun datar.
Belajar Kelompok 1 (Tim Asal)
9.       Meminta siswa untuk duduk sesuai dengan tim asal
10.   Menjelaskan aturan dalam belajar kelompok
Belajar Kelompok (Tim Ahli)
11.   Menempatkan siswa duduk sesuai tim ahli
12.   Membagikan LKS pada masing masing kelompok
13.   Meminta siswa untuk memulai mempelajari  LKS
14.   Berkeliling kelas untuk membantu siswa dan memberikan bimbingan belajar sesuai dengan pembelajaran kooperatif, serta mengingatkan siswa untuk saling membantu temannya yang kurang memahami materi bangun ruang
15.   Mengingatkan siswa tentang waktu yang tersedia
16.   Meminta siswa untuk mengumpulkan LKS
Belajar Kelompok  2 (Tim Asal)
17.   Meminta siswa untuk kembali duduk di tim asal
18.   Meminta siswa untuk menjelaskan materi kepada temannya sesuai dengan materi yang didapat di Tim ahli
Pemberian Kuis
19.   Memberikan kuis dari setiap materi yang dipelajari  di tim ahli
Penghargaan Tim
20.   Guru mengumumkan tim pemenang yang mendapat nilai tertinggi dari pemberian kuis

6.       Menyimak penjelasan guru
7.       Memperhatikan penjelasan guru
8.       Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya jika ad yang tidak dimengerti

9.       Duduk sesuai tim asal
10.   Memperhatikan penjelasan guru
11.   Duduk sesuai tim ahli
12.   Menerima LKS
13.   Mulai mempelajari LKS
14.   Mengembangkan keterampilan kooperatif sesuai dengan petunjuk guru serta saling membantu teman yang kurang memahami materi bangun ruang
15.   Memperhatikan peringatan guru
16.   Mengumpulkan LKS
17.   Duduk kembali ke tim asal
18.   Menjelaskan materi kepada teman yang lain sesuai materi yang didaoat di tim asal
19.   Menjawab kuis yang diberikan oleh guru bersama tim asal
20.   Memperhatikan pengumuman guru mengenai tim pemenang

PENUTUP
21.   Bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
22.   Memberi Tugas/PR yang harus dikerjakan oleh siswa dirumah
21.   Ikut bersam guru membuat rangkuman
22.   Mencatat PR/ tugas yang diberikan oleh guru

Denpasar, 19 Juni 2016
Mengetahui,                                       

Kepala SMA HARAPAN BANGSA                                                Guru Kelas

Pradnya Lestari, S.Pd, M.Pd                                                           Made Rama Dwiguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar